Syarat Jadwal Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013

 Pendidikan

Syarat Jadwal Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013Info Syarat Jadwal dan Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri - Tahun 2013 depan para pelajar SMA kelas 3 sudah bersiap-siap untuk Kuliah dan berganti status dari pelajar menjadi Mahasiswaa. Seperti biasanya apabila ingin masuk ke perguruan tinggi sebuah kampus negeri maka anda akan dihadapi dengan Syarat TES tertulis untuj masuk atau yang biasa disebut SNMPTN.

Ada peraturan yang berbeda loh dari tahun 2013 nanti dengan SNMPT sebelumnya. Jika pada 2012 seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis, maka pada 2013 menggunakan sistem penilaian rapor,UAN dan prestasi lainnya selama belajar di SLTA.

SNMPTN 2013

Perguruan tinggi akan menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya mengacu pada data pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) yang berisi rekam jejak sekolah dan prestasi akademik lainnya,” katanya.



Syarat+Mengikuti+SNMPTN+2013 Syarat Jadwal Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013 


Syarat Mengikuti SNMPTN 2013

Adapun syarat peserta SNMPTN 2013 mendatang adalah siswa SMA/SMK/MA yang mengikuti UN tahun ajaran 2013/2014 dan memiliki prestasi akademik di sekolah pada tiap semester. Siswa harus mengantongi rekomendasi dari kepala sekolah dan harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Untuk PDSS ini, kepala sekolah yang akan mengisi. Nanti NISN dan password siswa akan dibagikan oleh sekolah untuk melakukan verifikasi,” ujar Nuh.

Pengisian PDSS akan dimulai pekan depan, yaitu tanggal 17 Desember-8 Februari mendatang. Selanjutnya, peserta dapat memulai proses pendaftaran dengan memasukkan NISN dan password yang diterima dari sekolah. Jika telah selesai mendaftar, peserta dapat mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2013.

Untuk pilihan PTN, tiap peserta dapat memilih paling banyak dua opsi PTN yang diminati. Jika memilih satu PTN saja, maka peserta bebas memilih PTN mana saja. Namun jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal atau provinsi terdekat.

Sementara itu, untuk program studi, peserta dapat memilih paling banyak dua program studi yang diminati pada masing-masing PTN. Nantinya, pelamar akan diseleksi berdasarkan pilihan pertamanya dan apabila tidak terpilih, dilanjutkan pada pilihan keduanya. Jika tertarik untuk mengikuti SNMPTN 2013, anak didik dapat langsung memperoleh informasi lengkap melalui laman resmi SNMPTN ini.

Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013 Gratis alias tidak dipungut biata bagi calon mahasiswa pendaftar dimanapun.

Lebih jelasnya inilah ketentuan persyaratan UMPTN 2013

  1.   SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  2.   Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.
  3.   Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4.   Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  5.  Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Ketentuan Khusus SNMPTN

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  1.     SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
  2.     Telah mengisi PDSS.
  3.     Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2013.

Persyaratan Siswa Pelamar SNMPTN

Pendaftaran

  1.     Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013.
  2.     Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.
  3.     Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  4.     Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.

Penerimaan

Lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2013, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

SNMPTN 2013 Jalur Undangan

Mulai tahun 2013, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang akan diikuti 61 perguruan tinggi negeri tidak akan membuka jalur ujian tulis, tetapi hanya jalur undangan seperti yang Sniper Techno informasikan  di atas.

Daya tampung untuk SNMPTN 2013 sekitar 150.000 kursi atau 50 persen dari jumlah total kursi bagi mahasiswa baru yang mencapai 300.000 kursi.

Jalur ujian tulis tetap ada, tetapi namanya bukan SNMPTN, melainkan Seleksi Mandiri Bersama yang akan diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri. Alokasi daya tampung untuk Seleksi Mandiri ini adalah 30 persen. Adapun 20 persen calon mahasiswa baru lainnya akan diperoleh melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN.

Jadwal SNMPTN 2013

  1. Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
  2. Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
  3. Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
  4. Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013
  5. Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi 11-12 Juni 2013
Semoga informasi SNMPTN 2013 diatas bermanfaat buat anda semua yang sedang berjuang untuk meraih impiannya masuk kampus negeri terbaik di Indonesia.


Sumber : http://www.snipertechno.com/2012/12/snmptn-2013-syarat-jadwal-biaya.html

Demikian Artikel tentang Syarat Jadwal Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013

Related Posts